33 Fakta Unik dan Menarik Boneka Barbie

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar Barbie? Mainan yang resmi diperkenalkan ke publik pada 1959 itu ternyata memiliki berbagai cerita menarik yang belum tentu Anda tahu. Boneka ini menjadi legendaris yang menjadi mainan rata-rata anak perempuan ini terus mengalami evolusi sesuai perkembangan zaman dan pasar. Pencipta Barbie, Ruth Handler, mengaku mendapat inspirasi dari boneka Jerman bernama Bild Lilli. Sejak saat itu, berbagai macam boneka dan pernak-pernik Barbie terus berlahiran dan dijual ke seluruh dunia.


Berikut adalah 33 fakta unik dan menarik dari boneka barbie;
  1. Barbie punya nama lengkap Barbie Millicent Roberts, berasal dari Willows, Wisconsin. Pekerjaan Barbie pertama adalah model fesyen remaja, dan beberapa tahun kemudian menjalani banyak profesi lainnya.
  2. Barbie Berulang tahun 9 Maret 1959 sesuai dengan pertama kali diciptakan oleh Mattel sebagai President dan Ruth Handler sebagai pendiri dan dideklarasikan di American International Toy Fair di New York. Barbie sendiri terinspirasi dari nama putri Ruth Handler “Barbara”.
  3. Barbie berasal dari kota Willows (fiksi), dan bersekolah si Wisconsin
  4. Barbie pertama kali tampil mengenakan pakaian renang bergaris hitam putih
  5. Hewan peliharaan pertama Barbie adalah seekor kuda bernama boneka Dancer
  6. Barbie pertama kali tampil dengan gaya rambut menggunakan poni yang tren di tahun 1959
  7. Barbie adalah boneka dengan tinggi 11,5 inci
  8. Warna tanda tangan Barbie adalah pink
  9. Barbie telah menjadi inspirasi bagi banyak seniman selama lebih dari 5 dekade terakhir, termasuk Andy Warhol dan Peter Max
  10. Meskipun ia tidak pernah memenangkan pemilu, Barbie telah mencalonkan diri sebagai presiden 6 kali sejak 1992
  11. Barbie bepergian ke luar angkasa di tahun 1965, empat tahun sebelum manusia berjalan di bulan
  12. Barbie pertama kali tampil dengan bahan plastik di tahun 1985
  13. Barbie memiliki lebih dari 150 karir
  14. The Holiday Barbie Doll adalah seri terlaris penjualan Barbie dari tahun ke tahun.
  15. Barbie terlaris ada di tahun 1992 dimana ia memiliki rambut dari ujung kepala sampai ujung kaki.
  16. Pada tahun 1964, adik Barbie, Skipper, diciptakan oleh Mattel.
    33 Fakta Unik dan Menarik Boneka Barbie
  17. Barbie memiliki tiga adik perempuan bernama Skipper, Stacie dan Chelsea.
  18. Barbie memiliki banyak sahabat, tapi yang paling dekat dan lama adalah Midge. Keduanya tumbuh besar bersama di Willows.
  19. Hubungan Ken dan Barbie sempat putus pada Hari Valentine 2004. Mereka memutuskan hubungan setelah lebih dari 43 tahun bersama. Pada Valentine 2011, setelah tujuh tahun putus, Ken dan Barbie berbaikan dan kembali pacaran.
  20. Sebagai ikon budaya pop, Barbie hadir dalam lebih dari 45 kategori produk. Dan lebih dari 1 miliar pakaian telah diproduksi sejak 1959 untuk Barbie dan teman-temannya.
  21. Sejak tahun 1968, Mattel merilis boneka Barbie dan teman-temannya hanya dalam kulit berwarna, umumnya berkulit putih.
  22. Baru pada tahun 1980, perusahaan ini merilis boneka Barbie berkulit hitam atau keturunan Amerika-Afrika.
  23. Barbie tak pernah lepas dari kritikan. Sejak era 70’an, Barbie dikritik karena menonjolkan sisi materialisme, seperti mobil, rumah, dan pakaian mewah.
  24. Barbie dirilis dalam berbagai model, seperti pilot, dokter, astronot, atlet, bahkan presiden AS.
  25. Meski Mattel memposisikan Barbie sebagai sosok gadis Amerika, Barbie sebenarnya tidak pernah diproduksi di Amerika Serikat karena biayanya yang tinggi.
  26. Pada tahun 2009, Mattel membuka toko Barbie enam lantai di Shanghai, yang dilengkapi dengan spa, studio desain, dan sebuah kafe di samping berbagai macam produk terkait Barbie yang dijual di sana.
  27. Barbie sebelumnya tidak pernah mendapat restu untuk dipasarkan di negara-negara Islam. Pada tahun 1995, Arab Saudi menghentikan penjualannya karena menilai pakaian Barbie bertolak belakang dengan pakaian wanita Muslim. Akhirnya, sejumlah boneka sejenis yang berhijab dipasarkan pada anak-anak perempuan Muslim.
  28. Mattel mendaftarkan Barbie sebagai karya seni, namun boneka Barbie itu sendiri telah menginspirasi banyak karya seni, termasuk potret-potret Andy Warhol di tahun 1986 serta karya fotografi William Wegman dan David Levinthal.
  29. Barbie juga masuk ke dunia sastra. Beberapa novelis, termasuk A.M. Homes dan Barbara Kingsolver, menggunakan Barbie dalam kisah fiksi mereka.
  30. Mattel menyatakan bahwa di dunia ada sekitar 100.000 kolektor Barbie. 90%-nya adalah wanita, rata-rata berusia 40 tahun, yang membeli lebih dari 20 buah boneka Barbie setiap tahunnya.
  31. Pada Maret 2015, Mattel mengumumkan bahwa boneka Barbie termutakhir akan dirilis, yakni boneka yang bisa berbicara dan bercakap melalui teknologi pengenalan suara.
  32. Model asal Ukraina, Valeria Lukyanova, sempat mencuri perhatian masyarakat dan pers karena beberapa bagian tubuhnya dimodifikasi berdasarkan fisik Barbie 
  33. Pada Juni 2001, MGA Entertainment merilis seri boneka Bratz, yang menjadi pesaing serius Barbie untuk pertama kalinya dalam sejarah boneka fashion. Di beberapa tempat, penjualan Bratz bahkan sudah mengungguli penjualan Barbie, seperti di Inggris Raya. Persaingan panas ini kemudian berakhir di meja hijau.
Dikutip dari berbagai Sumber
(bft)

0 Response to "33 Fakta Unik dan Menarik Boneka Barbie"

Post a Comment