Bekerja Sama dengan Syabab Hidayatullah jatim, SCI adakan Kajian Umum dan Launching Sirah Community

Jurnalmuslim.com - Bertempat di masjid Aqshol Madinah, Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya, Sirah Community Indonesia (SCI) bekerjasama dengan Syabab Hidayatullah Jatim menyelenggarakan kajian Umum dan Launching Sirah Communinity untuk kota Surabaya pada hari Sabtu (08/10/2016).

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci al-Quran tanpa melihat mushaf oleh Ali Akbar, mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman al-Hakim (STAIL) Hidayatullah Surabaya kelas takhassus tahfidz semester 5, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua umum Badan Pengurus Pondok Pesantren Hidayatullah surabaya, ust. Aep Saefuddin.
foto by: Luqman Hakim

Dalam sambutannya, Ia menyampaikan terima kasih kepada pihak SCI yang memilih Pesantren Hidayatullah Surabaya sebagai tempat launching Sirah Community untuk daerah Jawa Timur.

Sambutan kedua diisi oleh  Muhammad Idris M.Pd.I selaku Ketua Syabab Hidayatullah Jatim. Ia menyampaikan terima kasih kepada pihak SCI karena telah bekerja sama dengan syabab hidayatulah Jatim dalam menyelenggarakan acara launching ini.

Ia juga menyampaikan bahwa setelah agenda launching Sirah Community untuk wilayah Jawa Timur ini akan diadakan agenda lanjutan berupa kajian sirah baik berupa kajian umum maupun dengan sistem klasikal.

“Kita akan adakan kajian umum yang bersifat reguler selama 3 bulan. Kemudian setelah 3 bulan akan diadakan kajian secara lebih intensif dan dibuat sistem klasikal”, katanya.

Acara selanjutnya adalah launching Sirah Community untuk wilayah Jatim oleh pendiri sekaligus pembina SCI, Asep Sobari, Lc yang dilanjutkan dengan kajian umum.

Pengurus Pusat Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) ini menyampaikan latar belakang dia mendirikan Sirah Community.

Keberadaan sirah dalam kajian ilmu keislaman, paparnya, sangatlah penting. Dengan mempelajari sirah, kita akan memahami isi al-Quran dengan baik karena Rasulullah sebagai peraga utama isi al-Quran.

“ Sirah adalah implementasi yang paling nyata bagaimana al-Quran diterapkan”, jelasnya.

Selain itu, dengan memahami sirah maka kita juga akan memahami disipin ilmu yang lain seperti akidah, tafsir, fikih, dan lain-lain. Hal itu dikarenakan ada keterkaitan antara sirah dengan berbagai disiplin ilmu.

Namun, lanjutnya, yang tidak kalah pentingnya dalam mempelajari sirah adalah membuktikan kebenaran akidah Islam lalu mengambil ibrah darinya.

Makanya tidak mengherankan generasi awal Islam sangat mementingkan pelajaran sirah. Bahkan mereka mempelajari sirah sebagaimana mempelajari al-Quran.

“Para  sahabat  mengajari generasi tabiin sirah . sebagaimana mereka mengajarkan al-Quran”, tegasnya.

Maka dari itulah dia mengajak kepara masyarakat agar ikut bergabung denga Sirah Community untuk belajar lebih mendalam tentang sirah untuk kebangkitan Islam. (Luqman Hakim/jurnalmuslim.com)

sumber : http://www.jurnalmuslim.com

0 Response to "Bekerja Sama dengan Syabab Hidayatullah jatim, SCI adakan Kajian Umum dan Launching Sirah Community"

Post a Comment