SMK Lampung Banyak Berdayakan Guru Honorer

Sahabat pembaca Info Honorer, sudah tahukah anda bahwa Sekolah Menengah Kejuruan banyak menyerap guru berstatus honorer untuk mengajar para siswanya. Hasil dari pendataan yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung menyatakan guru honorer SMKN terbanyak berada di Kota Bandar Lampung, yakni mencapai 349 orang.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Bandar Lampung M Edy Harjito mengatakan sejak belum ada kebijakan pengangkatan aparatur sipil negara (ASN) dari Pemerintah Pusat untuk mengisi kekurangan guru produktif, pihak sekolah mengangkat guru honorer sesuai disiplin ilmu yang dibutuhkan di SMKN.

Ia mengatakan jumlah guru honorer di Bandar Lampung dinyatakan terbanyak oleh Disdikbud Lampung di antara wilayah lain karena jumlah SMKN lebih banyak atau memiliki sembilan SMKN dan terdapat sejumlah SMKN baru yang pada saat dibuka belum ada pengangkatan ASN.

“Bisa saja Bandar Lampung guru SMKN paling banyak dibandingkan dengan daerah lain karena seingat saya ada tiga sekolah baru seperti SMKN 7, 8, dan 9 yang pada saat pembukaan saat itu hingga sekarang belum ada pengangkatan pegawai negeri, ditambah dengan jumlah SMKN paling banyak di antara yang lain,” kata Edy, Minggu (24/12/2017).

Kendati memiliki jumlah guru honorer terbanyak, menurut Edy, untuk mengangkat guru honorer, pihaknya tetap mempertimbangkan kemampuan guru dan menyesuaikan dengan bidang ilmu yang akan diajarkan.

Kepala SMKN 9 Bandar Lampung Elen Eduan membenarkan jumlah guru honorer lebih banyak dibandingkan guru berstatus ASN. Tenaga guru honorer di SMKN 9 Bandar Lampung saat ini berjumlah 30 orang, sedangkan guru ASN terdapat tiga orang.

“Di sekolah kami guru honorer hampir 90% dibandingkan ASN-nya, para guru honorer itu mengajar di lima jurusan. Kami mengangkat guru honorer karena sejak sekolah ini dibuka hingga saat ini belum ada pengangkatan guru pegawai negeri, sementara proses pendidikan terus berjalan,” kata dia.

Berita ini bersumber dari Lampung Post.

0 Response to "SMK Lampung Banyak Berdayakan Guru Honorer"

Post a Comment