Rute dan Tarif Bus Bandros Bandung Terbaru 2018

Bus Bandros Bandung 2018

Sebagai kota tujuan wisata, Kota Bandung mempunyai satu layanan transportasi yang jadi primadona pelancong. Rasanya belum wisata ke Bandung kalau belum naik Bandung Tour on Bus atau lebih dikenal dengan sebutan Bus Bandros. Di awal tahun ini, Pemkot Bandung telah menghadirkan 12 unit Bandung Tour on Bus (Bandros).

Layanan barua dengan lima rute ini dijadwalkan akan beroperasi penuh pada Februari 2018. Peluncuran Bandros versi pasukan "Power Rangers" alias warna-warni ini telah digelar di area Taman Balai Kota Bandung Jln. Wastukencana yang juga dikenal shelter busa wisata ini. Launching tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Oded M Danial pada Jumat, 19 Januari 2018.

12 bus Bandros baru ini nantinya akan disediakan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung dengan melalui rute destinasi wisata dalam kota. Bahkan, jumlah bus Bandros akan ditambah jika kebutuhannya memang diperlukan. Memang untuk saat ini, masih ada kemungkinan pengembangan-pengembangan dan perubahan terkait latan bus wisata ini.

Adapun untuk pengelolaan, seluruh unit Bandros sementara dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Sebab operasional Bandros kini sudah sama dengan Bus Trans Metro Bandung (TMB) yang memiliki pelat kuning. Nantinya, pihak Dishub Kota Bandung akan melakukan lelang untuk menentukan pengelola Bandros sehingga Bandros bisa dimanfaatkan dan dikelola secara lebih profesional.

Harga tiket dan rute terbaru bus Bandros Bandung
Untuk sementara, tiketnya akan berupa gelang sekaligus memberi waktu bagi Dishub Kota Bandung untuk mempersiapkan sebuah kartu trip yang dapat digunakan sebagai tiket. Rencananya, tiket penumpang selain pembelian di halte yang disediakan agar bisa terintegrasi dengan media online dan gerai-gerai penjualan. Nantinya, bus berkapasitas 24 penumpang tersebut  ini akan dikenakan tarif  tiket seharga Rp10.000-Rp15.000/orang atau Rp25.000-Rp50.000/orang untuk yang berkelompok.

Nantinya, hanya akan ada satu rute Bandros yang melewati Forest Walk Babakan Siliwangi dengan titik pusatnya berada di Gasibu, Balai Kota, dan Alun-alun. Adapun sistem Bandros yang melewati Forest Walk Babakan Siliwangi ini ialah One Day Trip, yang artinya dalam sehari hanya melakukan sekali perjalanan. Layanan Bandros One Day Trip yang melewati Forest Walk Babakan Siliwangi akan memakan waktu sekitar 1 jam

Berikut konsep rute layanan Bus Wisata Bandros yang akan diterapkan Dishub Kota Bandung:

1. Bus Bandros Biru - Rute wilayah selatan
Bus warna biru ini akan melayani rute mulai dari Alun-Alun Bandung, Cibaduyut, Terminal Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Taman Tegallega, Alun-alun Regol, hingga melintasi daerah Buahbatu untuk kembali ke Alun-alun Bandung.

2. Bus Bandros Ungu - Rute wilayah timur
Bus Bandros ungu akan melayanai perjalanan wisata di Alun-alun Ujungberung dengan Lapangan Gasibu. Rutenya melewati Sarana Olah Raga Arcamanik, Jalan Layang Pelangi, Jalan Supratman, dan kembali ke Ujungberung melalui Jalan PHH Mustopa. Jalur akan melintasi sejumlah taman, termasuk Taman Persib, Taman Cikapayang, dan Museum Geologi.

3. Bus Bandros Merah Muda - rute wilayah utara
Bus warna pink ini melayani rute Lapangan Gasibu menuju Taman Budaya (Dago Tea House). Sebelum menuju ke Jalan Ir H Djuanda, bus berwarna merah muda yang disiapkan akan melewati Jalan Tamansari, Kebun Binatang Bandung, Kampus ITB, Hutan Babakan Siliwangi, Teras Cihampelas, Cihampelas Skywalk, dan kembali ke Lapangan Gasibu.

4. Bus Bandros Hijau - rute wilayah barat
Akan mengantarkan penumpang dari titik Alun-alun Bandung ke Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dari pusat kota, penumpang diajak melewati Jalan Cibadak yang khas dengan kawasan pecinan, Jalan Pasirkaliki, Alun-alun Cicendo, Jalan Sukajadi, UPI, dan kembali ke Alun-alun Kota Bandung dengan melewati Jalan Pajajaran.

5. Rute kelima fokus di pusat kota. Dari Alun-alun Bandung, jalur ini melewati Jalan Braga, Taman Cibeunying, Taman Foto, Taman Superhero, dan kembali ke pusat kota via Jalan Asia Afrika.

Untuk bus Bandros warna hitam hanya untuk tamu-tamu VIP yang datang ke Kota Bandung. Sementara untuk fasilitas di Bandros hitam ini terdapat 12 bangku besi dan Atap interior bus bewarna coklat kayu. Lalu ada lampu neon di sisi kanan dan kiri interior bus juga speaker di langit-langitnya untuk memperjelas suara tour guide saat menjelaskan tempat wisata bersejarah di Kota Bandung. Pembedanya dengan bus lain, Bandros hitam ini tidak memiliki pegangan gantung.

Instagram Dishub Kota Bandung lihat di sini

Sumber : WisataJabar.com

0 Response to "Rute dan Tarif Bus Bandros Bandung Terbaru 2018"

Post a Comment