Ade Armando: Al Quran dan Hadits Tidak Perlu Dipatuhi Sebagai Hukum

Ade Armando
Jurnalmuslim.com - Pada 8 April 2016 lalu, Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Ade Armando menulis sebauh artikel pertanyaan sekaligus pernyataan pribadi bahwa Sunnah dan Hadits tidak perlu dipatuhi sebagai hukum.

Artikel yang ia tulis itu merupakan bantahan dari statement kebanyakan media yang mengatakan bahwa Ade pernah mengatakan Al Quran dan Sunnah adalah biang masalah an pangkal bencana.

Namun sayang, klarifikasinya terhadap pemberitaan media yang menurutnya keliru justru menegaskan bahwa Ade menolak Al Quran dan Hadits sebagai sumber hukum yang tak perlu dipatuhi.

Makalah yang berjudul "Mengapa sunnah dan Hadits tidak perlu dipatuhi sebagai sumber hukum?" itu secara tegas mengatakan bahwa Ade mempunyai persepsi bahwa Al Quran dan Hadits tidak perlu dijadikan hukum yang harus dipatuhi sepanjang zaman.

"Yang saya persoalkan dalam pidato itu bukanlah Al Quran, Sunnah, dan hadits. Yang saya katakan adalah kita sebaiknya tidak memandang isi Al Quran, Sunnah dan Hadits sebagai hukum yang harus kita patuhi sepanjang zaman. Begitu kita memperlakukan Al Quran, Sunnah dan Hadits sebagai hukum yang harus kita patuhi secara literal, pada saat itulah bencana dimulai," tulisnya dalam makalah.

Ia juga berargumen bahwa tidaklah masuk akal anggapan bahwa Sunnah dan Hadits merupakan rekaman terpercaya, dan Umat Islam tidak perlu untuk menggunakan perilaku dan ucapan Nabi itu sebagai aturan baku mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

"Banyak umat Islam menganggap bahwa Sunnah dan Hadits adalah rekaman terpercaya mengenai apa yang dilakukan dan diucapkan semasa Nabi hidup dan  umat Islam wajib untuk menggunakan perilaku dan ucapan Nabi itu sebagai aturan baku mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan."

"Dengan kata lain, Sunnah dan Hadits adalah hukum yang harus dipatuhi."

"Buat saya, cara pandang semacam ini tidak masuk di akal dan berpotensi untuk membawa bencana bagi umat manusia,"
tulisnya lagi. (nisyi/jurnalmuslim.com)

sumber : http://www.jurnalmuslim.com

0 Response to "Ade Armando: Al Quran dan Hadits Tidak Perlu Dipatuhi Sebagai Hukum"

Post a Comment