SBY: Kudeta PKI Bukan Fiksi!

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (Foto: Ilustrasi)
Jurnalmuslim.com - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono memastikan bahwa PKI memang pernah berupaya melakukan kudeta di masa lalu. Namun, rencana tersebut gagal dilaksanakan lantaran adanya perlawanan negara.

"Perebutan kekuasaan di era Soekarno benar ada. Kekerasan itu ada. Bukan fiksi," ujar politikus yang akrab disapa SBY itu di kediamannya, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6/2016).

Selanjutnya, kegagalan PKI dalam melakukan kudeta membuat kelompok yang anti-partai berlambang palu arit untuk mengambil inisiatif. Sebab itu, SBY meminta agar pemerintah memahami kausalitas sejarah tersebut.

"Karena kudeta gagal maka yang pegang inisiatif yang anti-PKI. Ada hubungan sebab dan akibatnya," imbuhnya.

Ketua Umum Partai Demokrat itu mengimbau pemerintah untuk tidak gegabah dalam bertindak. Meski demikian, ia meminta agar keturunan PKI tidak ikut divonis bersalah.

"Bangsa ini harus hati-hati dan jangan gegabah dalam bertindak. Yang penting anak keturunan mereka tak boleh divonis ikut bersalah. Sebenarnya sekarang pun mereka punya hak politik dan ekonomi. Ini saja yang harus dijaga dan dipertahankan," tandasnya. (Ari/republika)

sumber : http://www.jurnalmuslim.com

0 Response to "SBY: Kudeta PKI Bukan Fiksi!"

Post a Comment