Mengenang Zaman Keemasan; Zaman Kejayaan Islam

Illustrasi zaman keemasan
Mengenang Zaman Keemasan

Zaman di mana ulama, mujahid, ahli ibadah menjadi panutan. Disebutkan dalam kitab al-Makaarim wal Mafakhir, bahwa Abdullah bin Mubarak memiliki tetangga seorang Yahudi yang berencana menjual rumahnya.

Suatu kali ada seorang muslim yang berminat membelinya lalu bertanya mengenai harga rumahnya,”Dengan harga berapa engkau hendak menjual rumahmu?” Yahudi itu menjawab, “Dua ribu dinar.” Si penanya heran lalu berkata, “Bukankah semestinya harga rumahmu ini seribu dinar?” Si Yahudi menjawab,”Memang benar, akan tetapi seribu untuk harga rumah dan tambahan seribu lagi karena kamu akan bertetangga dengan Ibnul Mubarak.”

Orang Yahudi itu tahu, bagaimana kaum muslimin sangat berhasrat untuk bisa bertetangga dengan Abdullah bin Mubarak yang dikenal sebagai ulama, amiirul mukminin fil hadits dan mujahid fie sabiilillah. Dia juga seorang ahli ibadah dan berakhlak mulia. Sehingga hidup bertetangga dengan beliau adalah keberuntungan dan keindahan. Maka tentulah mereka rela membayar mahal untuk bisa menjadi tetangga Abdullah bin Mubarak.

Sekarang, apakah kenaikan harga tanah dan bangunan dipengaruhi oleh keberadaan ulama semisal Ibnul Mubarak? Ataukah karena keberadaan mall dan tempat wisata? Dari sini kita bisa membandingkan, cara pandang umat Islam dahulu dibanding kekinian

@Abu Umar Abdillah

sumber : http://www.jurnalmuslim.com

0 Response to "Mengenang Zaman Keemasan; Zaman Kejayaan Islam"

Post a Comment