فالأشاعرة هم أنذل وأنزل من أن يفهموا هذه المعاني
“Asyairah itu lebih hina dan lebih rendah dari pada memahami makna-makna ini.”[2]
: (الأشاعرة يثبتون له تعالى صفات الجسم ولوازم الجسمية ويتبرؤن من التجسيم.. وهذا تناقض يلتزمون به ولا يبالون، وهذا يدل على عدم تفطنهم لكثير من اللوازم البينة أيضاً، وعندنا هو عين التجسيم)
illustrasi, muslim indonesia tengah tahlilan |
“Kaum asyairah menetapkan bagi Allah sifat-sifat jisim dan konsekuensi-konsekuensi jismiyyah, namun mereka berlepas diri dari tajsimm. Ini adalah kontradiksi yang mereka pegangi dan mereka tidak peduli. Ini juga menunjukkan ketidak sadaran mereka terhadap banyak konsekuensi-konsekuensi yang nyata. Menurut kami (Syiah) ini adalah hakekat tajsim”.[3]
Lalu Nashiruddin Ath-Thusi, Al-‘Allamah Al-Hilli dan Muhammad Hasan Tarhini, tiga ulama syiah ini menisbatkan asyairah kepada syirik dan berbilangnya dzat Allah, karena menurut mereka konsekuensi madzhab asyairah dalam sifat adalah adanya dzat-dzat yang qadim bersama Allah sejak azal, ini jelas syirik dan ta’addud.[4]
[1] Muhammad Shalih Al-Mazandaraniy (1297–1391 H). Ja’far As-Subhaniy berkata mengenainya; “Beliau seorang ahli fiqih Imamiy, ushuliy, ahli sastra, mu’allif, termasuk dari kalangan ulama terkenal di zamannya”.
[2] Syarah Ushul al-Kafi 3/102
[3] Ibid, 3/202
[4] Lihat Syarah al-Isyarat wa al-Tanbihat, al-Thusi, tahqiq Sulaiman Dunya 3/70, cet. 3, Darul Ma’arif; Al-Risalah As-Sa’diyyah, Al-Hilli, diterbitkan oleh Mahmud al-Mur’isyi, Abdul Husain Muhammad Ali Baqqal hal. 50-51; Al-Ihkam Fi Ilmi Al-Kalam, Sayyid Muhammad Hasan hal. 25, Darul Amir litstsaqafah wa al-Ilm.
Diambil dari ebook Himpunan Fatwa Ulama Syi'ah, edisi: Takfir, oleh: Muhammad Jasir Nashrullah. (nisyi/jurnalmuslim.com)
sumber : http://www.jurnalmuslim.com
0 Response to "Ulama Syiah: 'Asyariyah Lebih Hina dan Rendah dalam Memaknai Sifat dan Asma Allah SWT"
Post a Comment