Hukum Membaca Shodakallahul 'Adzim Setelah Membaca Al-Quran

Jurnalmuslim.com - Tidak ada tuntunan dari syariat membaca shadaqallahul adzim seusai membaca Al-Quran begitu juga dengan bacaan-bacaan lainnya. Dalam arti, setelah anda selesai membaca Al-Quran maka huruf terakhir dari bacaan anda tersebut adalah akhir atau penutup dari bacaan tersebut.

Membaca shadaqallahul Adzim seusai membaca Al-Qur’an adalah perbuatan baru yang tidak selayaknya dibaca oleh siapapun seusai membaca Al-Qur`an. Untuk mengetahui alasan ketidakbolehanya maka berikut kami nukilkan fatwa Panitia Tetap Lembaga Riset Ilmiah, fatwa no. 3303 sebagai berikut:

‘Al-hamdulillah, segala puji bagi Allah semata. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, keluarga dan para shahabatnya. Amma Ba’du.

Ucapan shadaqallahul adzim setelah selesai membaca Al-Qur’an adalah bid’ah, karena Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak pernah melakukannya, demikian juga para khulafaur rasyidin, seluruh shahabat Radhiyallahu Anhum dan para imam salafus shalih, padahal mereka banyak membaca Al-Quran, sangat memelihara dan mengetahui benar masalahnya. Jadi, mengucapkannya setiap kali selesai membaca Al-Qur`an adalah perbuatan bid’ah yang diada-adakan.

Telah diriwayatkan dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, beliau bersabda, ‘Barangsiapa yang membuat sesuatu yang baru dalam urusan kami (dalam agama) yang tidak terdapat (tuntunan) padanya, maka ia tertolak.’ [HR. Al-Bukhari 2697 dan Muslim 1718]

Hanya Allah-lah yang mampu memberi petunjuk. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi kita MuhammadShallallahu Alaihi wa Sallam, keluarga dan para shahabatnya.’Selesai. (nisyi/jurnalmuslim.com)

sumber : http://www.jurnalmuslim.com

0 Response to "Hukum Membaca Shodakallahul 'Adzim Setelah Membaca Al-Quran"

Post a Comment