Gunakan Wig Aneh Berwarna Blonde, Jokowi Dikritik Dosen Sumatera Utara

Jurnalmuslim.com - Presiden Joko Widodo dinilai mengenakan kostum yang salah saat melakukan kunjungan ke Tobasa, Sumatera Utara.

Jokowi diberikan ikat kepala yang menjadi simbol raja Batak. Bukannya memberikan penghormatan, justru sebaliknya, dia terlinat konyol karena tampak mengenakan wig.

Kesannya jika terlihat dari jauh dia terlihat sedang ubanan berambut panjang hingga menjadi bahan lelucon dalam media sosial.

Jokowi terlihat menggunakan penutup kepala menggunakan wig warna blonde, lihat aslinya orang batak mengenakan penutup kepala. foto by: tribun

Kontan saja kostum ini dihujat habis-habisan di media sosial yang menyebutnya memakai kostum kontenporer, buka kostum adat Batak yang telah menjadi warisan turun-temurun.

Gaya busana Presiden Joko Widodo menjadi perdebatan di dunia maya usai memakai penutup kepala yang aneh saat mengenakan pakaian adat Budaya Batak sub etnis Toba saat melakukan kunjungan di Tobasa, Sumut.

Rizaldi yang kini menjadi dosen di Universitas Sumatera Utara (USU) jurusan Etnomusikologi mengaku selama melakukan penelitian budaya Batak tidak pernah melihat motif penutup kepala yang 'aneh' itu.

Panitia kedatangan presiden menyuguhkan gaya busana yang memalukan hingga akhirnya di-bully oleh netizen.

Rizaldi yang dihubungi via seluler mengatakan ikat kepala yang dipakai Jokowi tidak benar, memperlihatkan panitia tidak siap menyambut Jokowi.

"Dia harus memakai pakaian yang benar, merepresentasikan adat dan budaya yang ada di Indonesia. Ikat kepala itu merupakan simbol budaya batak Toba. Harus dihormati, tidak asal-asal begitu," ungkapnya.

Sementara itu kolektor kain tenun termasuk tenun ulos Batak menyebut ikat kepala yang dipakai Jokowi aneh. Tidak seharusnya kepala negara mengenakan pakaian adat yang salah dari budaya Batak.

"Cara melipat kain/ikat kepala nya Aneh, salah rumbainya harus keluar dri atas ke arah bawah," katanya di dalam akun media sosialnya. (nisyi/jurnalmuslim.com)

sumber : http://www.jurnalmuslim.com

0 Response to "Gunakan Wig Aneh Berwarna Blonde, Jokowi Dikritik Dosen Sumatera Utara"

Post a Comment