Hukum Shalat di Masjid Dhirar & Berjamaah Dibelakang Imam di Masjid Dhirar

Oleh: Ustadz Abdullah S

Jurnalmuslim.com – Para pembaca situs media online Jurnalmuslim.com yang dirahmati Allah, pada artikel sebelumnya telah kita bahas soal definisi Masjid Dhirar (Dhiror). Lalu bagaimana hukum sholat di masjid dhirar dan sholat dibelakang seorang imam yang sholat di masjid dhirar?

Berikut ini uraikan dan penjelasan singkat dari pertanyaan diatas yang pernah dimuat dalam situs Mimbar Tauhid Wal Jihad yang pernah ditanyakan pula oleh seorang Muslim lainnya. (Baca: Apa & Bagaimana Definisi Masjid Dhirar?)

illustrasi, masjid

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 شيخنا الفاضل ابامحمد المقدسي حفظك الله ورعاك وجعلك غصة فى حلوق الطواغيت وسحرتهم ونسال الله لك الثبات والعون والتوفيق وان ينفع بعلمك ويعلمك الله ماينفعك وينفع الموحدين

وبعد

فقد قرات شيخنا ابومحمد كتابكم … (تحفة الأبرار في أحكام مساجد الضرار والصلاة خلف أولياء الطاغوت ونوابه)

وأريد أن اطرح سوالى بحسب واقعى الذى انا عليه واسال الله ان يلهمك التوفيق والسداد والصواب وان ينفعنا بذلك وجزاكم الله خيرا

والسوال هو ان المسجد الذى بالحي عندنا تحت اشراف وزارة الاوقاف وبناه احد المحسنين وقيل امراه ولكن هو الان تحت اشراف وزارة الاوقاف والامام معين من قبلهم ولكن الامام اجده تارة يدعو للمجاهدين ولا اعرف اي مجاهدين يقصد بعد ان سمعته يدعو لحكام البلاد ويثنى عليهم وانهم حماة التوحيد ويثنى على جندهم وانهم جند بواسل حماة الوطن ويلمز احيانا باقوال عمن فجر بالبلاد انهم تكفيرون ونحو ذلك ويدعو احيانا بالهدايه والصلاح للحكام ببلاد الحرمين ودعا ايام الخلاف فى الصومال ان يصلح بين شيخ شريف والمجاهدين بقوله وان يصلح فيما بين اخواننا بالصومال .. والان انا فى حيرة من امرى منه هذا الامام والمسجد هل اصلى خلف من هذا صفاته( هذا السؤال الاول)

ثانيا هل المسجد بهذا الحال هو مسجد ضرار او طرأ عليه ضرار او يجوز ان اصلى فيه بعد قضاء صلاته بجماعه اخرى رغم ان ذلك مع الوقت سايثير السوال عنى وقد افتن كما ان المساجد القريبه منه لا تتخير عنه احدهم امامه ضابط بالجيش وانا الان اصلى مع الابناء والزوجة فى البيت جماعة فهذا هو حالنا والله المستعان نسال الله لكم التوفيق ان تفيدونا وتفتونا فى امرنا هذا وماهو الواجب علينا ان نصنعه وجزاكم الله خير وصلى اللهم وبارك على نبينا محمد وعلى اله وصحبه وسلم ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين كما احب ان اذكر لكم انى لست طالب علم وانما من عوام الناس واسال الله بقوته وعظمته ان ينصر المجاهدين فى سبيله فى كل مكان وان يعز الاسلام وينصر المسلمين وان يحفظكم

 اخوكم فى الله

 عابر سبيييل

السائل: عابر سبيييل

المجيب: الشيخ أبو محمد المقدسي

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله

أخانا السائل

هذا الإمام رجل جاهل لا يميز الدرة من البعرة ولا الغث من السمين والصلاة خلف غيره لا شك أولى وأحرى

ولكن جهله هذا سواء في المجاهدين وعدوهم أو جهله في الدولة وعساكرها مادام لا يصل به إلى الكفر بارتكاب شيء من نواقض الاسلام ، وتوقف الأمر على التباس حال هذه الدولة عليه كما هو ملتبس على كثير من الناس لدعواها نصرة التوحيد وتحكيم الشريعة ومدحه لها لأجل هذا الظن منه بها ، كما قد انطلى ذلك على من هم أعلم  منه من مشايخها ، فإن مجرد جهل  ذلك الإمام والحال كذلك في حال الدولة واغتراره بها وبعساكرها  لا يحيل المسجد إلى مسجد ضرار ولا يمنع من الصلاة خلفه خصوصا إن كان في  ترك الصلاة خلفه تركا للجمعة والجماعة ، وقد عرفناك أن الصحابة وخيار التابعين قد صلوا خلف من هم شر من هذا الإمام  كالحجاج ونجدة  والمختار ونحوهم ، ولكن نذكرك بأن أولئك كانوا متولين متسلطين لا سبيل للصلاة خلف غيرهم ، وهذا الامام الذي تتحدث عنه ليس كحالهم فالصلاة خلفه ليست بحتم فمجال الاختيار عندك واسع ووسائل النقل متيسرة ولو لصلاة الجمعة على الأقل وأعرف إخوة  يتعنون ويذهبون من قرية إلى قرية ليصلون الجمعة خلف إمام فاضل فافعل مثلهم ولا أن تصلي خلف مثل هذا فيسمعك ما تكره ..

ومثل هذا الإمام إذا بين له كفر الدولة وأقيمت عليه الحجة ثم بقي  على ما هو عليه من تسمية  دولة الكفر بدولة التوحيد و ثنائه على عساكر الشرك  الذين يظاهرونها على اخواننا ؛ فلا يصلى خلفه ..

وأما صلاتك في  مسجده الذي وصفت حاله وحدك أو جماعة مع آخرين فلا حرج فيه  كما بينا في الكتاب ،  وإن كان هذا سيتسبب لك بفتنة أو بلاء فصل الصلوات الخمس جماعة مع أهلك أو إخوانك في بيتك مادام لا يوجد حولك مساجد إلا بأئمة  أردأ من هذا الإمام ؛ فقد  ذكرت أن بعضهم ضباط فلا تصل خلف الضباط  قولا واحدا ولو اضطررتك ظروف فصليت خلف أمثالهم خوفا فأعد الصلاة أو انو المفارقة والصلاة منفردا ولا حرج عليك في موافقة حركاتك في الصلاة للإمام  .. أما صلاة الجمعة فلا تصلها في البيت فهي مرة في الاسبوع ومن ثم فأنت تقدر أن تتهيأ لها وتركب إلى مسجد آخر فتصلي خلف إمام فاضل أو مستور الحال على أقل تقدير ..

والله يوفقك ويسددك إلى ما يحب ويرضى

منبر التوحيد و الجهاد

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Syaikh kami yang kami hormati, Abi Muhammad Al-Maqdese -semoga Allah senantiasa menjaga Anda dan menjadikan Anda sebagai duri di kerongkongan para Thoghut dan para tukang sihir mereka-. Kami berdoa kepda Allah agar menganugerahkan kepada Anda keteguhan, pertolongan dan taufik. Semoga ilmu Anda bermanfaat, serta semoga Allah mengajarkan kepada Anda sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan para muwahhid …. wa ba’du:

Syaikh kami Abi Muhammad, saya telah membaca kitab Anda (Tuhfatul Abror Fi Ahkami Masajidi Dhiror Was Sholat Kholfa Auliya Thoghut Wa Nawabih),.. Saya ingin bertanya tentang realita yang saya alami, semoga Allah mengilhami Anda taufik dan kebenaran, dan semoga hal itu bermanfaat bagi kami… Jazakumulah khair

Pertanyaannya adalah bahwa masjid di lingkungan kami berada dibawah pengelolaan kementrian wakaf dan dibangun oleh seorang donatur, Ada juga yang bilang seorang perempuan, tetapi sekarang dikelola oleh kementrian wakaf dan imamnya ditentukan oleh mereka.

Saya dapati terkadang sang imam berdoa untuk para mujahidin, tapi saya tidak tahu mujahidin mana yang dia maksud, dan di kesempatan yang lain dia juga mendoakan para penguasa negera dan memuji mereka sebagai pelindung tauhid, dan juga memuji para tentara mereka sebagai ksatria pemberani dan pelindung bangsa.

Terkadang dia juga menghujat dengan kata-kata terhadap orang yang melakukan peledakan, bahwa mereka adalah takfiry dan sebagainya. Dia juga kadang mendoakan penguasa di negeri Hromain agar mendapat petunjuk dan kebaikan. Ketika terjadi perselisihan di Somalia, dia berdoa agar antara Syaikh Syarif dan para mujahidin bisa berdamai, begitu juga para ikhwan di Somalia. Dan sekarang, saya bingung perihal imam dan masjid ini. Bolehkah saya sholat dibelakang imam dengan sifat-sifat seperti ini? (Ini pertanyaan pertama)

Pertanyaan kedua: Apakah masjid seperti ini disebut masjid dhiror atau karenanya dihukumi dhiror? Bagaimana sholat didalamya? atau bolehkah saya sholat bersama jamaah lain di masjid tersebut setelah sholat jamaah selesai, meskipun hal itu akan menimbulkan pertanyaan tentang saya sehingga timbul fitnah, sebagaimana masjid-masjid lain sekitarnya yang di imami oleh seorang aparat keamanan tanpa ada pilihan lain.

Dan sekarang saya sholat di rumah berjamaah dengan anak dan istri. Inilah kondisi kami, dan Allah lah tempat meminta tolong, semoga Allah memberi Anda taufik. Beritahulah kami dan berfatwalah kepada kami menyikapi problem kami ini, apa yang harus kami lakukan? Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

Ya Allah … limpahkanlah sholawat dan salam serta berkahilah Nabi kami Muhammad, para keluarga dan sahabat beliau dan siapapun yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari kiamat. Saya perlu ingatkan kepada Anda bahwa saya bukanlah seorang pelajar, tetapi saya hanya orang awam. Saya berdoa kepada Allah dengan kekuatan dan keagungan-Nya agar Dia menolong para mujahidin di jalan-Nya di manapun, memuliakan Islam dan menolong umat Islam serta menjaga mereka.

Saudara anda karena Allah, Sang pengembara

Penjawab: Syaikh Abu Muhammad Al-Maqdese

Segala puji bagi Allah, sholawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah.. Saudara penanya, imam ini adalah orang jahil yang tidak bisa membedakan antara mutiara dengan kotoran dan racun, maka sholat dibelakang imam yang lain tidak disangsikan lagi adalah lebih utama dan lebih baik.

Tetapi kejahilannya ini baik tentang para mujahidin dan musuh mereka, atau kejahilannya tentang negara dan para tentaranya selama tidak sampai kepada kekafiran karena melakukan sesuatu yang termasuk pembatal Islam, dan hanya sebatas kerancuan persepsinya tentang negara seperti yang dialami oleh mayoritas manusia karena anggapannya sebagai penolong tauhid dan penegak hukum syari’at, dan pujiannya terhadap negara karena asumsi tersebut sebagaimana yang telah didoktrinkan oleh para masyayikh yang lebih alim dari padanya.

Jadi, jika kejahilan imam tersebut hanya sebatas itu, maka masjid tersebut tidak berubah menjadi masjid dhiror, dan tidak mengapa sholat di belakangnya, apalagi jika tidak sholat dibelakangnya berakibat ditinggalkannya sholat Jum’at dan sholat jamaah.

Kami telah ajarkan kepada Anda bahwa para sahabat dan para tokoh tabi’in telah sholat dibelakang orang yang lebih jahat dari imam ini, seperti Hajjaj, Najdah, Mukhtar dan orang-orang semisal mereka. Tetapi perlu saya ingatkan bahwa mereka adalah orang-orang yang dikuasai lagi tertekan, tidak ada jalan untuk bisa sholat di belakang imam selain mereka.

Imam yang Anda ceritakan ini kondisinya tidak sama dengan mereka, tidak ada keharusan untuk sholat dibelakangnya, peluang untuk memilih bagi Anda terbuka lebar, dan sarana untuk berpindahpun juga mudah, paling tidak untuk sholat Jum’at.

Saya tahu ada beberapa ikhwah yang peduli dan pergi dari satu kampung ke kampung lain untuk bisa melaksanakan sholat Jum’at dibelakang imam yang baik, maka lakukanlah seperti mereka dan tidak perlu Anda sholat dibelakang imam seperti ini sehingga kamu terpaksa mendengar sesuatu yang tidak kamu suka.

Dan imam seperti ini jika telah dijelaskan kepadanya kekafiran negara dan telah ditegakkan hujjah kepadanya, lalu dia tetap dengan pendiriannya dengan menyebut negara Kafir sebagai negara tauhid dan tetap memuji para tentara syirik yang membela negara untuk memerangi para ikhwah kita, maka tidak boleh sholat dibelakangnya.

Adapun sholatnya Anda di masjid yang kondisinya telah Ada sebutkan baik sendiri atau berjamaah bersama yang lain, maka hukumnya boleh (tidak mengapa) sebagaimana yang telah kami jelaskan dalam kitab (Tuhfatul Abror).

Jika hal ini menyebabkan Anda difitnah atau tertimpa bala’, maka kerjakanlah sholat 5 waktu dengan berjamaah bersama keluarga atau para ikhwah Anda di rumah, selama tidak didapati ada masjid disekitarmu yang di imami oleh imam yang lebih baik dari imam seperti ini.

Anda bilang bahwa sebagian imam tersebut adalah aparat, maka janganlah sholat di belakang aparat sama sekali. Jika kondisi terpaksa, lalu kamu sholat di belakang orang seperti mereka karena takut, maka ulangilah sholat Anda, atau niatkanlah untuk sholat sendiri, karena tidak mengapa jika gerakan Anda berbarengan dengan sang imam.

Adapun untuk sholat Jum’at, maka janganlah Anda melakukannya di rumah. Ia hanya sekali dalam seminggu. Selanjutnya Anda bisa berkemas terlebih dahulu dan bisa berkendara menuju masjid yang lain untuk sholat di belakang imam yang baik atau paling tidak yang tidak diketahui statusnya (masturul hal).

Semoga Allah membimbing Anda dan menunjuki Anda kepada apa yang Dia cintai dan ridhoi. [Sumber: Situs Mimbar Tauhid Wal Jihad, Penerjemah: Salam Back]

** Syaikh Al-Maqdese dalam kitab Tuhfatul Abroor menjelaskan bolehnya sholat di masjid dhiror kalau imamnya jelas dan bukan anshor thoghut. Jadi tidak usah terjebak dalam debat batasan status masjid dhiror, dan yang penting apapun batasannya kalau disebut masjid dhiror, sebagian ulama membolehkan sholat didalamnya. Jadi perbedaan ini bentuknya adalah ikhtilaf tanawwu’, bukan thadhod. Dan hal itu merupakan perbedaan ijtihadiy dan bukan manhajiy. Wallahu a’lam.. (manjanik)

sumber : http://www.jurnalmuslim.com

0 Response to "Hukum Shalat di Masjid Dhirar & Berjamaah Dibelakang Imam di Masjid Dhirar"

Post a Comment