Jihad, Senjata Perlawanan Kaum Muslimin

Jurnalmuslim.com - Sebauh fakta jika pahlawan kita berjuang untuk mempertahankan negara. Namun sebauah kecerobohan jika mengatakan pahlawan kita di masa lalu rela mati demi membela negara sekuler. Sebab pada saat itu negara ini belum diproklamirkan.Terlebih negeri yang mereka perjuangkan adalah negeri yang berasaskan syari'at Islam. Yaitu kerajaan Islam Nusantara. Bukan membela negara sekuler, yang membuang syari'at Islam dari konstitusi negaranya.

illustrasi

Oleh karena itu, semangat perjuangan pahlawan muslim pada saat itu adalah semangat jihad. Jihad membela syi'ar dan syari'at Islam. Bukan membela ideologi-ideologi sekuler.

Adapun alasan kenapa pahlawan kita menjadikan jihad sebagai pilar perjungan adalah karena hanya jihad yang mampu merontokkan taring kebengisan penjajah. Dr. Anung Al Hamad mengatakan, "Jihad merupakan cara menjaga dan menolong negeri ini dari penjajahan dan penindasan, la merupakan perisai tokoh yang bisa menjaga keberlangsungan dakwah dari gangguan moncong senjata musuh-musuh Islam, la merupakan sarana atau alat yang bisa menjaga magasid as syari'ah (tujuan syari'at Islam) sehingga agama, jiwa, harta, akal, nasab dan kehormatan bisa terlindungi. (,Tarbiyah Jihadiyah Imam Al Bukhari, Hal; 16).

Peperangan yang dilakukan umat Islam melawan penjajah Belanda selalu bernafaskan jihad. Lihatlah orang-oramg yang berada di barisan Pangeran Diponegoro, kebanyakan dari mereka adalah para ulama. Demikian pula dengan Tengku Cik Di Tiro, Teuku Umar, Cut Nyak Dien, dan lain sebagainya.

Dalam proses kemerdekaan pun, peran umat sangatlah sentral. Di sana ada tokoh-tokoh umat seperti KH Wahid Hasyim, Ki Bagus Hadikusumo, KH Kahar Muzakkir dan lainnya yang menjadi anggota BPUPKI dan PPKI. Mereka bukan sekadar menginginkan Indonesia merdeka, tetapi juga gigih memperjuangkan Islam sebagai dasar negara.

Setelah kemerdekaan, peran umat Islam juga tetap sentral. Resolusi Jihad yang didengungkan oleh KH Hasyim Asy'ari menggetarkan pasukan NICA-Belanda yang ingin masuk lagi ke Indonesia dengan membonceng pasukan sekutu.

Resolusi ini juga menjadi tonggak penting bagi Hizbullah yang asalnya terdiri dari para santri dan ulama dalam melawan pasukan agresor.

Artikel ini adalah kelanjutan dari postingan:
Syari'at Islam, Spirit Para Pahlawan
Jihad, Senjata Perlawanan Kaum Muslimin
Dosa Sejarawan Kepada Umat Islam
Syari'at Islam Harga Mati


Diambil dari Majalah An Najah Edisi 129 | Syawal - Dzulqo'dah 1437 H | Agustus 2016 

sumber : http://www.jurnalmuslim.com

0 Response to "Jihad, Senjata Perlawanan Kaum Muslimin"

Post a Comment